Semua Hal Ada Di Galaxy Ini!galaxykvn.blogspot.comSemua Hal Ada di galaxykvn.blogspot.comarrow
AdF.ly - shorten links and earn money!adf.lyGet paid to share your links!arrow
Pasang Iklan di Sinidionvfx.blogspot.com Ayo pasang Iklan disini. arrow

Pengertian 'Teks Diskusi'

Halo, kali ini gw sedang gak mood bahas yang lain lain. Gw sedang mood bahas yang berkaitan dengan 'Pendidikan'. Kali ini gw membahas tentang 'Teks Diskusi'. Teks Diskusi adalah teks yang berisi isu/masalah yang diperdebatkan oleh beberapa orang. Teks diskusi ini terdapat 3 struktur. Yaitu, Isu, Argumen, dan Kesimpulan. Nah gw akan jelasin satu per satu maksud dari struktur struktur ini :
1. Isu
Isu adalah Permasalahan yang dibahas di teks diskusi ini. Di dalam isu ini, terdapat pertanyaan dan pernyataan. Isu sendiri beragam. Seperti : Permasalahan Kenaikan Harga BBM [Yang Kemarin Itu] (Padahal BBM masih gratis di playstore :3).
2. Argumen
Struktur kedua yang terdapat di teks diskusi adalah Argumen. Argumen adalah opini. Opini adalah Pendapat. Pendapat di teks ini ada dua. Yaitu argumen pro dan kontra. Argumen pro adalah argumen yang mendukung suatu pernyataan. Sedangkan argumen kontra sebaliknya dari argumen pro.
3. Kesimpulan
Struktur terakhir di teks diskusi adalah Kesimpulan. Sesuai dengan namanya, kesimpulan berisi pernyataan terakhir dari permasalahan tadi. Kesimpulan ini bersifat NETRAL.
Nah, seperti di teks umumnya, teks diskusi terdapat ciri kebahasaan juga. Ciri kebahasaan nya ada tiga :
1. Istilah Umum
Ciri kebahasaan pertama adalah pengunaan istilah umum. Istilah umum adalah istilah yang sudah diketahui oleh kebanyakan orang. Biasanya berhubungan dengan isu yang dibahas. Ex : Isunya bolehkan anak membawa hp ke sekolah. Nah, contoh istilah umumnya adalah handphone.
2. Kata Pengontasan/Perbandingan
Selanjutnya adalah kata pengontrasan/perbandingan. Teks diskusi juga berisi kata yang menunjukkan pengontrasan/perbandingan. Pengontrasan disini sama saja dengan konjungsi pertentangan. Ex : Berbeda dengan pendapat di atas, justru, akan tetapi
3. Kata Pendukung/Penolak
Yang terakhir, kata pendukung/penolak. Ciri ini sangat jelas. Jika tidak ada kata pendukung/penolak, itu bukan teks diskusi. Ex : hal lainnya, selain itu, tidak setuju, menyetujui.

Ok, gitu doang yang bisa gw bahas + Besok Senin Vroh...

Penulis : Jagn ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Pengertian 'Teks Diskusi' ini dipublish oleh Jagn pada hari Sunday, February 8, 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1Komen dari Seluruh Dunia: di postingan Pengertian 'Teks Diskusi'
 

1 Komen dari Seluruh Dunia:

  1. maaksih ya. btw blog nya lucu :'v bisa ngasih makan ika :3

    ReplyDelete



Dilarang Komen :
1. Mengandung SARA
2. Mengandung Unsur 18+
3. Flamming (Memancing Keributan)
4. Dilarang SPAM
Komen lah Yang Tertib dan Sopan.